Selasa, 21 Maret 2017

Fokus Pembangunan Sirkuit Gelora Bung Tomo - Info Toyota

Kota Surabaya Akan Fokus Pembangunan Sirkuit Gelora Bung Tomo

 Pemkot Surabaya akan fokus melanjutkan pembangunan sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) dan lapangan atletik Thor di belakang Gelora Pancasila.

"Bila pada tahun 2016 lalu, lintasan jalur lurus drag race sudah selesai, maka tahun ini fokus pengerjaan sirkuit yang kami mulai dari sisi selatan dulu. Diperkirakan sirkuit ini 9 bulan selesai," kata Kepala Dispora Kota Surabaya, M Afgany Wardhana di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Senin (6/2/2017).

Untuk pemanfaatan lintasan drag race, Afghany menyatakan bahwa izin pemakaian akan turun bila yang mengajukan izin memang memiliki peralatan untuk membalap. 


"Kalau peralatan sudah memenuhi syarat standar, kami bisa memberi izin latihan. Meski hanya latihan kami juga mempertimbangkan unsur keamanan baik bagi penonton dan juga pembalapnya," imbuh dia.

Afghany optimis keberadaan drag race dan sirkuit yang tengah dibangun, nantinya akan mampu meminimalisir aksi balap liar dan kebut-kebutan di jalanan.

"Kalau ada warga masyarakat yang punya bakat di bidang otomotif dan ingin berlatih di lintasan GBT, dengan senang hati kami fasilitasi. Apalagi, ini masih gratis karena belum ada Perda nya. Kalau ada Perda nya tentu akan ada retribusi," ungkap Afghan.

Untuk lintasan atletik lapangan Thor yang membutuhkan anggaran dana sekitar Rp 20 miliar dan masuk tahap lelang. Untuk pembangunan lintasan atletik ini, ada perubahan pola dari gravel menjadi sintetis. 

"Di bawah nya ada aspal korosi dan sanitary landfield sehingga air akan turun langsung ke bawah. Tidak sampai ada genangan," imbuh dia.

Kasi Sarana Dispora Bambang WIjanarko menambahkan, untuk pembangunan sirkuit yang dimulai di sisi selatan, dilakukan pengurukan awal (land stone) di bawah urukan sirtu yang tahan air asin. Pembangunan sirkuit ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 28 miliar. 

"Kami fokus pada settlemen lahan sampai posisi tanah sudah padat. Nanti ada tes kualitas tanah oleh tim dari ITS. Dan ini aman dari banjir," ujarnya.

Selain sirkuit dan lapangan atletik, Dispora juga terus menambah lapangan di kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW. Hingga kini, total sudah ada 362 lapangan olahraga yang tersebar.

Seperti lapangan futsal, sepak bola, bola voli, tenis dan lain-lain. Pembangunan lapangan tersebut berasal dari masukan dan usulan masyarakat melalui e-Musrenbang dan juga usulan warga ke Wali Kota Tri Rismaharini. 

"Dan ibu wali kota memang concern mengenai pembangunan lapangan olahraga ini. Selain ada taman, juga diiringi pembangunan lapangan olahraga karena di taman menjadi tempat berkumpulnya remaja," tandas Bambang. 
(ze/fat)

0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Website Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support