Tips Membersihkan Kolong Mobil
Saat musim hujan, fokus utama membersihkan mobil tertuju ke bodi.
Tidak salah memang. Apalagi jika setiap hari mobil disiram hujan. Tentu
Anda memiliki prioritas. Untuk itu, seringkali kolong mobil dilupakan.
Padahal,
di kolong mobil terdapat berbagai komponen penting mobil. Seperti
kaki-kaki yang terdiri atas sistem rem, suspensi, dan kemudi. Termasuk
pula bagian bawah mesin dan transmisi. Ada juga dek yang berisiko karat
jika tidak dijaga kebersihannya. Semakin penting jika Anda habis
melewati banjir atau jalan berlumpur.
Sebenarnya menjaga
kebersihan kolong mobil tidaklah sulit. Sebulan sekali Anda bisa bawa ke
tempat cuci mobil yang dilengkapi perangkat hidraulis untuk mengangkat
mobil. Air tekanan tinggi yang disemprotkan mestinya ampuh mengenyahkan
kotoran yang menempel.
Jangan langsung turunkan mobil saat sudah
selesai disemprot. Lakukan inspeksi mulai dari depan ke belakang.
Pusatkan perhatian di depan. Sela-sela bumper biasanya sering dihinggapi
sampah seperti daun atau plastik. Padahal terdapat sistem pendingin
mesin dan kabin (AC) di area itu. Kotoran dapat mengganggu kinerja
keduanya.
Periksa pula sekitar roda. Pastikan tidak ada sampah
menyangkut atau kotoran lain yang masih menempel. Hati-hati dengan
sensor-sensor, seperti di sekitar rem. Begitu pun bagian bawah mesin.
Sembari
melakukan itu, sempatkan pula memeriksa apakah ada kerusakan pada
komponen di atas. Sambungan antar komponen mekanis biasanya dilindungi
oleh karet. Perhatikan, siapa tahu ada yang robek. Termasuk juga slang
dan pipa rem.
Pada dek, periksa adanya potensi tumbuhnya karat. Untuk kaki-kaki dan bumper belakang bisa diperlakukan sama dengan depan.
Bagaimana
kalau Anda tidak sempat ke tukang cuci mobil hidraulis? Sempatkanlah
untuk melongok kolong mobil. Minimal seminggu sekali. Memang keleluasaan
Anda berkurang. Setidaknya, minimal bisa mereduksi potensi kotor.
Semprotkan
air bertekanan dari sela-sela gril dan lubang udara di bumper agar
kotoran rontok. Bersihkan sela-sela bumper bagian dalam dengan sikat.
Gunakan sikat nylon yang memiliki tangkai panjang untuk memperluas
jangkauan. Kalau masih kurang yakin, gunakan tangan untuk memeriksa
kembali.
Untuk memeriksa area sekitar ban, putar sedikit roda ke
arah luar untuk memperluas akses ke kaki-kaki. Semprot dengan air
bertekanan agar kotoran rontok. Bantu dengan sikat bertangkai panjang.
Spons yang dilumuri sampo mobil bisa dikaryakan. Tapi tetap waspada dengan sensor yang terpasang di kolong mobil.
Jangan
lupa untuk membersihkan dek di atas ban. Cukup dengan kain lap karena
ada lapisan anti-karat di sana. Untuk mudahnya, bisa dipakai spons yang
sudah dibasahi dengan sampo mobil.
Bersihkan pula pelek dan ban
agar tampil segar kembali. Sambil bergerak ke belakang, semprot dek
dengan air bertekanan. Beri perhatian khusus pada sudut pertemuan dengan
bodi mobil. Pakai sikat nylon untuk memastikan kotoran rontok.
Paket
sepatbor, bumper, dan kaki-kaki belakang sama metode pengerjaannya
dengan depan. Oh ya, jangan lupa untuk memeriksa karet-karet pada
kaki-kaki mobil. Kalau robek, segera ganti. Kolong mobil pun terjaga
kebersihannya.
0 komentar:
Posting Komentar