Rabu, 22 Maret 2017

Evolusi Corolla- Info Toyota

Evolusi Setengah Abad Toyota Corolla






Sejak diluncurkan pada 1966, Toyota Corolla memiliki sebelas generasi. Namun, pada 1971, sedan yang dikenal dengan nama Corolla KE20 bermesin 3K 1.200 cc tersebut baru masuk ke Indonesia. Desain paling bungsu Corolla dirilis sejak 2014 dan mendapatkan pembaruan (minor facelift) di Indonesia dengan peluncuran New Corolla Altis pada Senin (16/1).

Hadirnya Corolla generasi ke-11 tidak lantas membuat Corolla generasi zaman dulu usang. Sedan kelas menengah itu masih banyak ditemui di jalan, terutama generasi ketujuh yang bernama Great Corolla.

Pengamat otomotif Munawar Chalil mengungkapkan, racikan terbaik para koki Toyota ada pada generasi Corolla. ’’Dari seluruh (produk, Red) Toyota, Corolla yang paling sukses. Setelah itu, (SUV) Land Cruiser,’’ katanya.



Predikat Corolla sebagai mobil paling sukses tidak hanya diraih di Jepang, tetapi juga di Indonesia dan berbagai pasar di belahan dunia lainnya. ’’Yang menyamai kesuksesan Corolla paling BMW Seri 3. Namun, dari sisi penjualan, Corolla tetap tertinggi,’’ papar Chalil.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari paket sedan yang diminati pasar. Yakni, perpaduan mesin andal, kecepatan, kenyamanan, dan desain. Meski demikian, Chalil mengakui bahwa tidak semua generasi Corolla sukses di pasar. Dia mencontohkan generasi keempat, Corolla GL, yang kurang sukses menjadi penerus sedan legendaris Corolla DX. Ada perbedaan sangat signifikan di antara kedua model. Terutama berpindahnya sistem penggerak dari roda belakang (RWD) ke penggerak roda depan (FWD).

Bagi penggemar sedan yang saat itu identik dengan penggerak roda belakang, perpindahan sistem penggerak itu menjadi pertimbangan. Terlebih bagi penggemar otosport seperti drifting. ’’Sampai sekarang, banyak yang cari bangkai Corolla DX kan,’’ ungkapnya.

Namun, selera pasar tidak mampu membendung tren dunia otomotif yang bergerak ke mobil-mobil berpenggerak roda depan. Efisiensi menjadi kata kunci. Mobil berpenggerak depan bisa lebih ringan karena tidak membutuhkan gardan.

Selanjutnya, kesuksesan diteruskan terutama oleh Corolla Twincam yang di dalamnya hadir pula Corolla GTi dan Great Corolla. Mulai 1996, evolusi berlanjut ke All New Corolla. Perubahan terjadi signifikan dan generasi kedelapan itu pun terbilang kurang sukses.

Mulai 2000, Corolla disematkan nama Altis dari akar kata altius yang bermakna lebih tinggi. Sepanjang perjalanannya, Corolla mendapatkan pesaing, terutama Honda Civic dan Mitsubishi Lancer. Civic dan Lancer sempat memberikan perlawanan kuat pada era 90-an. ’’Tapi, dari sisi penjualan, Corolla tetap susah ditandingi. Belakangan, Lancer terhenti di Evolution X,’’ ujar Chalil.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) F. Soerjopranoto menyatakan, Corolla memang didesain untuk memberikan kenyamanan dan kemewahan bagi penggunanya. ’’Terbukti, generasi pertama yang diluncurkan pada 1966 di Jepang memiliki spesifikasi yang first in it’s class,’’ jelasnya kepada Jawa Pos Kamis (19/1).

Salah satunya, posisi tuas transmisi di konsol lantai saat kendaraan lain masih menggunakan tuas transmisi pada kolom kemudi. Ruang kabin penumpang belakang lebih luas (legroom, headroom) bila dibandingkan dengan kendaraan lain pada saat itu. Corolla generasi pertama juga sudah menggunakan suspensi McPherson Strut untuk menambah kenyamanan.

Selama 11 generasi, Corolla hadir dengan tipe sedan, hatchback, liftback, coupe, dan wagon. Tujuannya, dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda di setiap negara. Teknologi mesinnya pun beragam. Yaitu, mesin 1.600 cc, 1.800 cc, dan 2.000 cc dengan teknologi bensin, hybrid, dan CNG (gas).

’’Penggunaan berbagai teknologi mesin ini memenuhi kebutuhan pasar di berbagai wilayah di dunia. CNG, misalnya, untuk pasar Thailand karena digunakan untuk kebutuhan komersial,’’ jelas Soerjo.

Di Indonesia, pada 2016 Corolla mencatatkan penguasaan pasar dengan market share 36 persen. Pada 1990-an, Corolla pernah meraih market share lebih dari 90 persen. Secara global, penjualan Corolla selama setengah abad sudah lebih dari 44 juta unit. 

0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Website Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support