Rabu, 22 Maret 2017

hal yang perlu diketahui sebelum ganti Per-Info Toyota

Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Per Toyota Calya-Daihatsu Sigra






Tren ganti per di besutan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sedang hangat dilakukan komunitas Calya dan Sigra. Lebih detailnya adalah per belakang yang diganti dengan per mobil lain.

"Beberapa member Calsic yang melakukan pergantian per. Ada yang menggunakan per (Toyota) Etios yang tinggal dipasangkan saja alias plug n' play dan ada juga yang memakai per dari (Suzuki) Escudo dan yang lain juga," cerita Ryan, Humas Calya Sigra Club (Calsic).
Beberapa alasan kenapa melakukan pergantian per standar Calya atau Sigra ke per yang lain karena mobil kembar tersebut bila dimuati penuh 7 penumpang bagian belakangnya akan amblas atau ban belakang jadi mencelup ke rumah roda.

Bagi beberapa pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kondisi itu dianggap kurang menyenangkan dan untuk mengatasi kondisi tersebut dilakukan pergantian per dengan yang sesuai.




Kudu Ganti Per?
Memang sih alternatif meningkatkan performa per bisa dengan mengganti pegas OEM-nya dengan per dari mobil atau produk aftermarket. Tapi apakah dengan pegas dari mobil merek lain bisa dicangkokkan langsung atau plug & play?
"Pada dasarnya pergantian per standar bawaan pabrik dengan per lain bisa. Dengan syarat kalau langsung plug & play harus benar-benar pas ukuran dan juga tinggi pernya," tutur Dolf Valentino selaku Kepala Bengkel PT Astra International Tbk-Daihatsu Pangeran Jayakarta.
Ditambahkan bila mengganti per OEM Sigra atau Calya dengan Toyota Etios belum pernah dilakukan, namun pergantian per itu bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal.
"Spesifikasi harus sama, ukuran dan juga performa per setara dengan yang digantikan. Plus bila mobil masih dalam garansi, dengan mengganti per maka membatalkan garansi," imbuh Dolf.
Disarankan bagi pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra jika akan melakukan modifikasi terutama per belakang dikonsultasikan dengan bengkel terpercaya secara matang serta pilihan yang ditawarkan serta tentunya harga pergantiannya. Tentu per bawaan pabrik sudah melalui dan pengembangan  sesuai dengan kebutuhan dan keperluan mobil yang bersangkutan.

Pasang Karet Lebih Murah
Pergantian per standar dengan produk lain semisal per Toyota Calya-Daihatsu Sigra diganti per milik Toyota Etios bisa langsung pasang tanpa harus melakukan ubahan apapun belum jadi jaminan tak terjadi problem ke depannya.
"Memang belum pernah modifikasi ganti per standar merek A diganti dengan standar merek B. Namun kalau mau ganti sebaiknya per sekaligus dengan sokbreker sehingga performanya benar-benar terbukti," beber Anton Hudijana tuner ASCO Motors di bilangan Kelapa Gading.
Kalau tak ingin rombak total, berikut per dan sokbreker, Anton ASCO malah menyarankan tetap mempertahankan per bawaan pabrik (OEM) dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Namun diberikan tambahan di ulir pernya dengan karet.

"Secara aplikasi meningkatkan performa per tersebut plus secara biaya lebih terjangkau karena tak harus keluar dana untuk beli per dan biaya bongkar pasang. Anggarannya di bawah Rp 1 jutaan lho," imbuh Anton ASCO, panggilannya.
Banyak jalan menuju Roma, banyak cara meningkatkan performa per besutan Calya atau Sigra tak perlu ganti per hanya cukup memasang karet di ulir pegasnya saja



0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Website Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support