Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Per Toyota Calya-Daihatsu Sigra
Tren ganti per di besutan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sedang
hangat dilakukan komunitas Calya dan Sigra. Lebih detailnya adalah per
belakang yang diganti dengan per mobil lain.
"Beberapa
member Calsic yang melakukan pergantian per. Ada yang menggunakan per
(Toyota) Etios yang tinggal dipasangkan saja alias plug n' play dan ada
juga yang memakai per dari (Suzuki) Escudo dan yang lain juga," cerita
Ryan, Humas Calya Sigra Club (Calsic).
Beberapa
alasan kenapa melakukan pergantian per standar Calya atau Sigra ke per
yang lain karena mobil kembar tersebut bila dimuati penuh 7 penumpang
bagian belakangnya akan amblas atau ban belakang jadi mencelup ke rumah
roda.
Bagi
beberapa pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kondisi itu dianggap
kurang menyenangkan dan untuk mengatasi kondisi tersebut dilakukan
pergantian per dengan yang sesuai.
Kudu Ganti Per?
Memang
sih alternatif meningkatkan performa per bisa dengan mengganti pegas
OEM-nya dengan per dari mobil atau produk aftermarket. Tapi apakah
dengan pegas dari mobil merek lain bisa dicangkokkan langsung atau plug
& play?
"Pada
dasarnya pergantian per standar bawaan pabrik dengan per lain bisa.
Dengan syarat kalau langsung plug & play harus benar-benar pas
ukuran dan juga tinggi pernya," tutur Dolf Valentino selaku Kepala
Bengkel PT Astra International Tbk-Daihatsu Pangeran Jayakarta.
Ditambahkan bila mengganti per OEM Sigra atau Calya dengan Toyota Etios belum pernah dilakukan, namun pergantian per itu bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal.
"Spesifikasi
harus sama, ukuran dan juga performa per setara dengan yang digantikan.
Plus bila mobil masih dalam garansi, dengan mengganti per maka
membatalkan garansi," imbuh Dolf.
Disarankan bagi pemilik Toyota Calya
dan Daihatsu Sigra jika akan melakukan modifikasi terutama per belakang
dikonsultasikan dengan bengkel terpercaya secara matang serta pilihan
yang ditawarkan serta tentunya harga pergantiannya. Tentu per bawaan
pabrik sudah melalui dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan dan
keperluan mobil yang bersangkutan.
Pasang Karet Lebih Murah
Pergantian
per standar dengan produk lain semisal per Toyota Calya-Daihatsu Sigra
diganti per milik Toyota Etios bisa langsung pasang tanpa harus
melakukan ubahan apapun belum jadi jaminan tak terjadi problem ke
depannya.
"Memang
belum pernah modifikasi ganti per standar merek A diganti dengan
standar merek B. Namun kalau mau ganti sebaiknya per sekaligus dengan
sokbreker sehingga performanya benar-benar terbukti," beber Anton
Hudijana tuner ASCO Motors di bilangan Kelapa Gading.
Kalau
tak ingin rombak total, berikut per dan sokbreker, Anton ASCO malah
menyarankan tetap mempertahankan per bawaan pabrik (OEM) dari Toyota
Calya dan Daihatsu Sigra. Namun diberikan tambahan di ulir pernya dengan
karet.
"Secara
aplikasi meningkatkan performa per tersebut plus secara biaya lebih
terjangkau karena tak harus keluar dana untuk beli per dan biaya bongkar
pasang. Anggarannya di bawah Rp 1 jutaan lho," imbuh Anton ASCO,
panggilannya.
Banyak
jalan menuju Roma, banyak cara meningkatkan performa per besutan Calya
atau Sigra tak perlu ganti per hanya cukup memasang karet di ulir
pegasnya saja
0 komentar:
Posting Komentar