Rabu, 22 Maret 2017

Bangun Mobil Perdesaan- Info Toyota

Bangun Mobil Perdesaan, Kemenperin Gandeng Toyota dan Daihatsu



Bertujuan memudahkan aktivitas masyarakat di daerah, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menggarap proyek mobil perdesaan.



 Nantinya, mobil tersebut bisa digunakan sebagai alat angkut hasil pertanian dan perkebunan. Dalam keterangan resminya, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, mobil perdesaan ini bisa menjadi pengganti kendaraan angkut pertanian seperti grandong.

 “Selama ini, untuk mengangkut hasil pertanian, para petani membuat alat angkut rakitan dari mesin diesel. Karena buatan sendiri, grandong tidak memenuhi standar keamanan," ujarnya. Ia menambahkan, mobil ini juga bisa difungsikan sebagai mesin perontok padi, penggiling biji-bijian, hingga pengolah sampah. 
“Kalau banyak peternakan, maka yang diperlukan adalah untuk mengolah untuk jadi pupuk kandang,” tuturnya.

 Untuk mewujudkan mobil perdesaan, Kemenperin berencana menggandeng produsen mobil di Tanah Air. “Kami lagi coba untuk kerja sama dengan Toyota dan Daihatsu, mereka kan jual kendaraan terbanyak, terutama komponen kritikal seperti mesin dan transmisi,” ujarnya.

 Selain produsen automotif, produksi mobil perdesaan juga akan melibatkan pemerintah daerah (pemda), sekolah menengah kejuruan (SMK), universitas, hingga pabrik perakitan lokal. “Pemda akan terlibat dalam merekomendasikan SMK mana yang bisa ikut terlibat dalam produksi mobil perdesaan. Sedangkan universitas akan terlibat dalam proses desain,” ungkapnya.

 Diperkirakan, mobil perdesaan akan rampung pada Agustus 2017. Mobil yang belum ada namanya itu bakal menggunakan sistem penggerak empat roda dan mengandung 100% komponen dari dalam negeri. Jika sudah rampung, mobil tersebut akan dijual Rp60 juta. (san)



0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Website Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support