Rabu, 22 Maret 2017

Jalan Rusak Kerap Jadi Penyebab Kecelakaan, Kapolres Mojokerto Geram - Berita Toyota

Jalan Rusak Kerap Jadi Penyebab Kecelakaan, Kapolres Mojokerto Geram




 Kapolres Mojokerto, AKBP Budhi Herdi Susianto mengancam akan memanggil penanggungjawab jalan jika kerusakan jalan menyebabkan kecelakaan. Pasalnya, sejumlah jalan di wilayah hukum Polres Mojokerto baik jalan desa, kabupaten, provinsi maupun nasional banyak yang rusak.

"Kita sudah berkali-kali mengirim surat pemberitahuan kepada penanggungjawab jalan, jika ada jalan rusak, berlubang atau membahayakan masyarakat, kami selalu memberikan laporan kepada instansi terkait sehingga kita harapkan bisa segera memperbaikinya," ungkapnya, Sabtu (20/02/2016).

Namun, lanjut Kapolres, dari surat pemberitahuan tersebut, ada yang direspon tapi ada juga yang tidak mendapatkan respon. Menurutnya, surat tersebut ditujuhkan sesuai klasifikasinya, jika jalan kabupatan mengirim surat ke Bupati UP Bina Marga, jalan provinsi ke Gubenur UP Bina Marga.

"Jika hasil pemeriksaan, korban atau kejadian terjadi karena kerusakan jalan maka kita akan panggil penanggungjawab jalan. Karena sesuai amanat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), penanggungjawab jalan turut bertanggungjawab jika terjadi kecelakaan karena kerusakan jalan," katanya.

Kapolres menambahkan, pihaknya akan memproses sesuai aturan hukum, sanksi diliat dari kesalahan dan proses terjadinya kecelakaan tersebut. Kapolres mengingatkan, jika musim hujan seperti saat ini banyak yang rusak atau berlubang sehingga masyarakat juga dihimbau agar selalu berhati-hati.

"Jalan ada klasifikasi, di wilayah hukum Polres Mojokerto, jalan kabupaten relatif lebih bagus dari jalan provinsi maupun nasional. Ini menjadi atensi bersama sehingga kerusakan jalan sesuai tingkatan ini menjadi tanggungjawab sesuai klasifikasi jalan tersebut," tegasnya.(tin/kun)




0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Website Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support