3 Fakta Menarik Toyota Avanza
Satu mobil paling populer dalam sejarah industri otomotif Indonesia
adalah Toyota Avanza. Bagaimana tidak, sejak diperkenalkan pada akhir
tahun 2013, multi purpose vehicle ini sangat diminati.
Bahkan
saudara kembar Daihatsu Xenia ini adalah mobil terlaris Indonesia dalam
beberapa tahun terakhir. Hebatnya ini mereka pertahankan di tengah
kondisi ekonomi yang naik turun, hingga kemunculan model-model anyar
yang lebih segar.
Tentu
capaian ini juga mereka peroleh dengan beragam cara. Salah satunya
adalah melakukan serangkaian penyegaran. Model yang dulu pertama kali
diperkenalkan ke publik, jelas beda dengan yang eksis saat ini.
Tercatat
pada tahun 2011, Toyota melakukan perubahan besar-besaran pada model
ini. Saat itu diluncurkanlah Avanza baru yang diberi embel-embel
"all-new". Penyegaran pada Avanza generasi kedua dilakukan pada 2015,
dengan penambahan kata "grand new".
Fakta-fakta
ini mengindikasikan bahwa banyak yang sangat menyukai Avanza. Namun
menariknya, tak semua dari pengguna Avanza yang tahu persis fakta-fakta
terkait tunggangan hariannya itu. Misalnya, apa sesungguhnya arti nama
Avanza?
Nah,
diolah dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta menarik
terkait Toyota Avanza, yang mungkin saja belum banyak yang tahu.
Asal Usul Nama Avanza
Nama
Avanza, menurut berbagai sumber, berasal dari bahasa Italia (Romawi),
yaitu avanzato. Avanzato, jika diartikan bebas dalam bahasa Indonesia,
artinya adalah "maju", "canggih", "lanjutan", dan "lanjut".
Xenia,
saudara Avanza, juga diambil dari bahasa asing, namun dalam hal ini
Yunani. Xenia diambil dari kata "Xenos," yang artinya "tamu", atau
"orang asing".
Kecenderungan
mengambil nama dari bahasa asing kembali Toyota lakukan saat
meluncurkan Calya. Calya dan Sigra, juga produk yang dikembangkan
bersama, namanya diambil dari bahasa Sansakerta, bahasa dominan di
Nusantara era Kerajaan Hindu.
Avanza bukan produksi Pabrik Toyota
Fakta
unik lain, meski jelas-jelas merupakan produk Toyota, ternyata Avanza
tidak lahir dari pabrik Toyota, melainkan dari Daihatsu. Ini juga
terjadi pada produk Toyota lain hasil kolaborasi seperti Rush, Agya, dan
Calya.
Hal
ini memang merupakan strategi perusahaan. Keduanya bisa bekerja sama
sedemikian erat karena Daihatsu adalah bagian dari Toyota. Ada pembagian
kerja yang ditetapkan, dimana Daihatsu memang kebagian dalam hal proses
produksi.
Secara harfiah memang mobil sejuta umat
Karena
sangat populer di kalangan masyarakat, Toyota Avanza dijuluki dengan
"Mobil sejuta umat". Titel ini mengikuti julukan yang diberikan kepada
tokoh agama Zainuddin MZ bertahun sebelumnya, Dai Sejuta Umat.
Secara
harafiah, hal ini telah mereka buktikan. Maksudnya, populasi Avanza di
Indonesia memang telah mencapai angka tersebut. Bahkan lebih. Sejak
April 2015 lalu, Avanza bahkan telah terjual lebih dari 1,3 juta unit.
0 komentar:
Posting Komentar