Sensasi Baru Berkendara Yaris Heykers
Setelah
membahas tampilan ekterior dan interior, giliran merasakan performa
Toyota Yaris Heykers. Untuk urusan ini akan sangat jauh berbeda bila
dibandingkan dengan Yaris konvensional.
Adanya
tiga ubahan signifikan, yakni ground clearance, mesin, dan transmisi
membuat sisi driving experience baru bagi pengendaranya.
Toyota
membenamkan mesin 2NR-FE dengan gearbox CVT untuk Heykers. Hasilnya
memang berbeda dengan Yaris transmisi otomatis konvensional yang
menggunakan mesin 1NZ-FE. Tarikan awal terasa lebih berat, namun sangat
umum terjadi pada mobil-mobil bertransmisi CVT.
Sisi
positifnya, kali ini perpindahan gigi terasa lebih halus. Sedangkan
yang butuh tenaga lebih responsif, tinggal menggeser tuas ke arah bawah
untuk memainkan mode manual tujuh transmisi percepatannya.
Mencoba
langsung menekan gas lebih dalam alias kickdown, ternyata putaran
tenaganya tidak serta merta instan kelauar. Masih ada gejala lag meski
rpm sudah berjalan yang membuat tenaga seperti telat untuk merespons.
Untungnya
situasi ini tidak terjadi terus-menerus. Mulai masuk putaran atas,
kerja mesin mulai mudah menanggapi tiap tenaga yang dibutuhkan.
Baca: Kabin Yaris Heykers yang Biasa Saja
Menariknya,
saat berjalan pada kecepatan 60 kpj dengan tinggi ground clearance 185
mm atau naik 35 mm dari versi biasa, tidak membuat Heykers mengalami
gejala limbung. Sensasi manuvernya masih lincah dan asik diajak untuk
menyalip di kemacetan Ibu Kota.
Dengan
kombinasi suspensi TRD dan profil ban yang lebih tebal, Heykers lebih
pede melibas jalan non-aspal. Untuk pengendara wanita, tentunya hal ini
menjadi poin tambahan saat mengendarainya, apalagi bantingan suspensi
tetap stabil, tidak keras atau lembut, relatif ideal.
0 komentar:
Posting Komentar