Selasa, 21 Maret 2017

Kabar Toyota - Warih Andang Tjahjono, orang Indonesia pertama yang pimpin Toyota

Warih Andang Tjahjono, orang Indonesia pertama yang pimpin Toyota






Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC), bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, hari ini (13/3). Selain menegaskan komitmen Toyota di industri otomotif Indonesia melalui kegiatan investasi, ekspor, ketenagakerjaan, dan sumber daya manusia, Toyoda menyelipkan agenda penting lain kepada Presiden Joko Widodo. 

"Pada kesempatan sama, Bapak Warih Andang Tjahjono juga diperkenalkan sebagai Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) baru," demikian rilis Toyota Indonesia yang diterima Merdeka.com, Senin (13/3). 

Menurut Toyota Indonesia, Warih menjadi putra lokal pertama yang menduduki pucuk pimpinan di perusahaan afiliasi manufaktur Toyota di kawasan Asia Pasifik. Dia akan memimpin 9.500 karyawan di perusahaan manufaktur yang 95 persen sahamnya dimiliki oleh (TMC) dan 5 persen PT Astra International Tbk. 

Siapa Warih sehingga dipercaya salah satu raksasa otomotif terbesar di dunia?

Warih (54) akan disapa Mr President di kalangan TMMIN mulai 1 April tahun ini. Jejak Warih di TMMIN sendiri sangatlah panjang. Sarjana Teknik Kimia jebolan Universitas Diponegoro memulai karirnya di Toyota pada 1989. 

Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah, menduduki posisi terakhir sebagai Wakil Presiden Direktur TMMIN sejak 2014. Sebelum menjadi orang nomor dua di TMMIN, Warih telah kenyang pengalaman dengan menjabat berbagai posisi di salah satu basis produksi penting Toyota di kawasan Asia Pasifik ini. 

Misalnya, Warih pernah menjadi Direktur Human Resources, General Affairs, Operation Management Consulting apada periode 2009-2011. Kemudian menjadi direktur vehicle manufacturing Karawang Plant & Production Engineering (2011-2014), sebelum akhirnya diangkat menjadi Wakil Presiden TMMIN tiga tahun silam. 

Warih mengaku sangat terhormat atas kepercayaan yang diberikan Toyota untuk melanjutkan kepeminpinan di TMMIN. Dalam rilisnya pada Merdeka.com, hari ini, dia mengaku sangat menghormati integritas, kerja keras, dan rasa cinta Indonesia dari pendahulunya, Masahiro Nonami, yang sukses membawa TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di Asia Pasifik. 

"Menatap ke depan, berlandaskan pondasi kuat yang ditinggalkan Nonami, saya bertekad untuk memastikan bahwa TMMIN terus memberikan yang terbaik dalam menghadapi tantangan yang semakin ketat seiring dengan upaya terus-menerus mendukung dan memberikan kontribusi pada perkembangan industri otomotif Indonesia," tegas Warih. 

TMMIN adalah perusahaan produksi dan ekspor mobil Toyota di Indonesia. Saat ini perusahaan mengoperasikan 5 fasilitas produksi yang tersebar di kawasan Sunter-Jakarta Utara dan Karawang-Jawa Barat. Dari kelima fasilitas itu, TMMIN memproduksi mobil Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Sienta, dan Etios Valco. Kemudian dua tipe mesin bensin, yaitu TR-K dan R-NR. 

Pada tahun lalu, lebih dari 218.000 unit mobil utuh dan 210.000 mesin utuh diproduksi oleh fasilitas-fasilitas TMMIN.

Tahun lalu, ekspor kendaraan utuh merek Toyota dari Indonesia mencapai 169.100 unit, yang menyasar lebih dari 80 negara tujuan di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Volume itu berkontribusi 87 persen terhadap total ekspor mobil utuh Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Website Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support